website templates free download

ARTIKEL


Hubungan Kalimaya dengan batuan atau material lainnya

Kondisi kalimaya pada saat para penambang / penggali menemukannya pada lapisan batuan yang mengandung kalimaya biasanya tidak langsung berupa satu kesatuan yang besar, biasanya ditemukan diantara lapisan batuan tersebut secara menyebar dan itupun tidak semuanya kalimaya. Apabila penambang sedang beruntung dapat ditemukan kalimaya dengan bentuk satu kesatuan menyerupai bulatan tanpa ada pengotor dari batuan atau mineral lainnya. Para penambang menggunakan istilah biji / siki untuk kalimaya yang ditemukan dengan bentuk seperti itu.

Material lain yang biasanya ditemukan bercampur dengan kalimaya adalah fosil kayu, batu lempung dan pirit. Berikut adalah pembagian jenis jenis kalimaya berdasarkan dengan hubungan nya dengan material lainnya dalam kondisi alamiah, antara lain adalah :

Mobirise

Solid

Apabila ditemukan seutuhnya kalimaya tanpa material lainnya adapun apabila ada material lainnya hanya kecil persentasenya dan biasa disebt pengotor ( inklusi ).

Mobirise

Boulder

Kalimaya dengan campuran material lain dengan ukuran atau persentase material yang lainnya yang berbentuk / berjumlah agak besar. Istilah lokal apabila kalimaya bercampur dengan fosil kayu biasa disebut dengan sempur sedangkan apabila kalimaya bercampur dengan batuan lainnya disebut bledug / mata cadas. 

Mobirise

Matrix

Berupa pecahan pecahan kecil kalimaya yang bercampur dengn material lainnya, material yang dominan ditemukan bercampur dengan kalimaya pada jenis ini adalah pecahan batuan lempung. 

Saat ini, banyak kesalapahaman tentang istilah solid yang dipakai untuk istilah sehari hari di masyarakat umum. Lebih lengkapnya akan dibahas pada artikel ” Hubungan Kalimaya dengan ketembusan Cahaya “.

Selain percampuran kalimaya dengan material lainnya yang terjadi secara alamiah, ada juga percampuran yang dilakukan secara sengaja denga maksud tertentu, mayoritas alasan yang dipakai adalah untuk mempertebal ukuran daripada kalimaya tersebut. Adapun pembagian jenis dalam hal ini adalah sebagai berikut :

Mobirise

Solid

Terdiri dari 100 persen kalimaya tanpa ada campuran dengan material lainnya.

Mobirise

Doublet

Lapisan kalimaya tipis yang ditambahkan satu lapisan pada bagian bawah dari kalimaya tersebut. 

Mobirise

Triplet

Lapisan kalimaya tipis yang ditambahkan dua lapisan pada bagian bawah dan atas dari kalimaya tersebut. Lapisan bagian bawah biasanya dipakai material yang tidak tembus dan dapat memantulkan cahaya, sedangkan untuk lapisan atas dipakai material yang transparan.

Mobirise

ARTIKEL

KONTAK

Untuk informasi lebih lanjut