make your own site for free

ARTIKEL


Sempur / Opalized Wood

Pada dasarnya opal / kalimaya itu terbentuk dari campuran silica dan air (sio2nH2o) dengan waktu dan proses alam tertentu. Sedangkan sempur adalah fosil kayu yang terisi dengan mineral opal

Sempur masih termasuk didalam keluarga petrified wood / fosil kayu yang berjenis Silicated wood. Hal yang membedakannya dengan fosil kayu lainnya adalah sempur bisa menimbulkan warna warni sedangkan fosil kayu lainnya tidak karena perbedaan mineral yang mengisi pori pori atau rongga pada fosil tersebut.

Tipe tipe motif dari kembang yang ada pada sempur sejauh ini ada 4 macam :

1. Gerimis / rintik ( berupa titik titik wara warni )

Batang bahan sempur di potong secara horizontal sehingga pori pori bahan terlihat warna warni titik yang terlihat menyerupai hujan gerimis.

2. Ruyung / serat rambut (berupa garis panjang warna warni)

Batang bahan sempur di potong secara vertikal sehingga pori pori bahan terlihat memanjang karena terkelupas pada pori porinya terlihat memanjang tipis tipis seperti sehelai rambut.

3. Sisit

Fosil kayu yang terbungkus oleh kalimaya pada seluruh batangnya. Pada umumnya terdapat diantara lumpur dan batang fosil kayu. lapisan ini relatif tipis tetapi di beberapa bahan terdapat juga yang agak tebal.

4. Sisit daging ( berupa spot warna warni )

Fosil kayu mempunyai lubang lubang ( rongga ) pada bagian dalam batang, lubang tersebut nantinya akan di isi oleh kalimaya dan akan terihat warna warni di beberapa tempat (spot).

ARTIKEL

KONTAK

Untuk informasi lebih lanjut